Wednesday, December 12, 2007

Pelawak Basuki Wafat

JAKARTA--MEDIA: Pelawak Mamiek Prakoso atau yang lebih dikenal dengan Mamiek Podang mengenang almarhum pelawak Basuki sebagai

orang yang jujur dan bertanggung jawab kepada keluarganya.

"Basuki itu figur orang yang jujur, terkadang dari kejujurannya ada image (kesan) tindakannya yang keliru, tindakan apa adanya. Kadang tindakannya dipersepsikan lain," kata Mamiek yang dihubungi di Jakarta, Rabu (12/12).

Mamiek juga terkesan dan salut kepada almarhum Basuki yang mempunyai karakter bertanggung jawab kepada keluarganya. Dia mengatakan dirinya terakhir bermain lawak bersama Basuki ketika acara serah terima jabatan Jaksa Agung dari Abdulrahman Saleh kepada Hendarman Supandji. "Setelah itu saya tidak ada kabar lagi dengan almarhum," kata Mamiek.

Dia sendiri mendapatkan berita meninggalnya Basuki dari rekannya. "Basuki meninggal Rabu sore ini di rumah sakit Melia Cibubur. Dia habis bermain sepak bola. Kemungkinan meninggalnya karena serangan jantung," kata Mamiek.

Sedangkan pelawak Timbul yang dihubungi terpisah juga mengatakan dirinya telah mengetahui bahwa Basuki meninggal Rabu sore ini. "Saya baru diberitahu teman pukul 21.00 WIB," kata Timbul yang juga dalam kondisi sakit tenggorokan.

Akan tetapi dia belum mengetahui kapan dan dimana jenazah almarhum Basuki akan dikebumikan dari rumah duka di daerah Cinere, Jakarta Selatan. Timbul mengatakan almarhum Basuki meninggalkan satu orang istri dan

tiga orang.

Dia menceritakan terakhir bertemu dengan almarhum Basuki ketika Idul Fitri 1428/2007 lalu di rumah Agum Gumelar. "Setelah itu tidak ada kabar lagi dari dia," kata Timbul.

Sebelumnya, dikabarkan pelawak Basuki meninggal dunia di Rumah Sakit Melia Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu sore, demikian konfirmasi dari pihak rumah sakit tersebut.

Petugas rumah sakit tersebut tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut tentang penyakit yang diderita Basuki. "Iya, Pak Basuki meninggal di rumah sakit ini. Keterangan lebih lanjut mohon hubungi keluarganya," kata petugas RS Melia.

Basuki meninggal dunia dalam usia 51 tahun. Ia lahir di Surakarta, Jateng, 5 Maret 1956, anak Pete alias Suwito, mantan anggota pelawak Srimulat. Basuki pun kemudian bergabung dengan Srimulat.

Basuki yang merupakan anak semata wayang rupanya mengikuti jejak ayahnya. Basuki mengidolakan ayahnya dan seniman serba bisa Benyamin Suaeb.

Semasa hidupnya, Basuki berkesempatan bekerja sama dengan Benyamin (almarhum) dalam serial sinetron Si Doel Anak Sekolahan bersama Rano Karno, Aminah Cendrakasih, Mandra, serta aktor dan aktris lainnya, sejak 1992. Di sinetron arahan sutradara Rano Karno tersebut Basuki memerankan sebagai Karyo, tukang kredit yang kelak menjadi suami Atun (Suti Karno), adik si Doel (Rano Karno).(Ant/OL-03)
Media Indonesia Dongeng Panggung Kehidupan Jakarta

No comments: