Saturday, September 8, 2007

Aktivitas Jual Rekening Melenggang di Internet

Produk yang dijual (jualrekening.com)

Jakarta - Sebuah situs menjual rekening bank yang dibuka dengan identitas aspal (asli tapi palsu). Produk tabungan dari dua bank kenamaan, Bank Central Asia dan Bank Mandiri, menjadi komoditas utama situs ini.

"Anda membutuhkan rekening bank yang bukan alamat asli? Rekening-rekening bank yang kami jual dijamin aman karena menggunakan identitas asli tapi palsu atas nama acak dan alamat fiktif kota Malang," demikian pernyataan yang tertera pada halaman depan situs penjual rekening.

Situs tersebut beralamat di www.jualrekening.com. Pengelolanya menjanjikan pengiriman buku tabungan, ATM beserta PIN, serta KeyBCA dan Token Mandiri, jika pembeli telah melakukan pembayaran.

"Pengiriman dilakukan pakai TIKI JNE dan harga sudah termasuk ongkos kirim untuk pulau Jawa. Kami hanya menggunakan e-gold sebagai sarana pembayaran untuk mencegah pelacakan aparat. Anda bisa menukar rupiah ke e-gold di Tukarduid.com," demikian persyaratan yang dijelaskan di situs.

Bandrol US$

Rekening yang ditawarkan di situs ini dibandrol dengan harga dollar Amerika Serikat. Harga untuk rekening saja US$ 55 (BCA atau Mandiri). Dengan uang sebesar itu, pembeli bisa mendapat buku tabungan dan kartu ATM serta PIN.

Apabila ingin menambah KeyBCA atau Token Mandiri pembeli harus menambah US$ 25 dari harga di atas dan akan dikirim beserta KeyBCA atau Token Mandiri yang bisa dipakai/aktif dalam waktu 3 sampai 4 hari kemudian.

Pembelian 1 Paket (Rekening BCA dan Mandiri lengkap dengan KeyBCA dan Token Mandiri) dapat diskon, sehingga pembeli cukup membayar US$ 150.

"Harga kami sepadan dengan resiko yang kami dapat waktu membuka rekening," ujar pengelola dalam pernyataannya di situs.

Pengelola mengatakan tidak bertanggung jawab atas penggunaan rekening yang sudah dibeli, dan segala konsekuensi hukum apabila rekening disalahgunakan.

Sejatinya pengelola menyadari aktivitasnya ilegal. "Karena kegiatan kami ilegal, maka beberapa website mengkategorikan sebagai scam untuk mencegah tersebarnya jualrekening.com, tetapi kami menyatakan bahwa jualrekening.com bukanlah scam, rekening yang Anda beli pasti dikirim," sebut pernyataan di situs. ( nks / nks )

No comments: