Saturday, August 11, 2007

Ganko Award Bagi Pejabat Indonesia

Bagi pejabat pusat maupun daerah yang 'gemar' bepergian ke luar negeri terutama ke Jepang mulai saat ini akan langsung diberikan penghargaan. Mereka akan diberikan Ganko Award.

Ganko Award ini disiapkan bagi para pejabat yang masih nekad untuk pergi ke Jepang dengan dalih studi banding.

"Sebagai bentuk punishment dan memberikan efek jera, kami telah menyiapkan Ganko Award bagi mereka yang nekad ke Jepang," kata Kadarsah, Koordinator bidang Data dan Informasi Masyarakat Anti Korupsi dan Peduli Bangsa di Jepang (MASSA-J) dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (12/8/2007).

Ganko, lanjut Kadarsah, merupakan kata yang diambil dari bahasa Jepang yang artinya adalah keras kepala, tidak tahu malu, dan tidak peduli dengan omongan orang.

"jadi bagi mereka yang tidak memiliki tujuan yang jelas atau tujuan yang terkesan mengada-ada akan langsung mendapatkan penghargaan ini," jelasnya.

Agar seimbang, MASSA-J juga menyiapkan Aiyu Award bagi pejabat yang benar-benar melakukan studi banding di Jepang. Aiyu dalam bahasa Jepang memiliki arti pahlawan.

"Namun hasil dari studi banding itu juga harus memuaskan," tutur Peneliti UNESCO pada Tokyo Institute of Techology, Jepang itu.

Kadarsah memaparkan, berdasarkan data yang dimiliki MASSA-J, hampir setiap bulan, sekitar 2-3 rombongan pejabat datang ke Jepang dengan alasan studi banding.

No comments: