Wednesday, August 15, 2007

Angka Bunuh Diri Serdadu AS Tinggi

WASHINGTON - Sebuah laporan militer menyebutkan angka bunuh diri di kalangan tentara Amerika Serikat (AS) tahun lalu merupakan yang tertinggi selama 26 tahun terakhir. Lebih dari seperempatnya dilakukan di Irak dan Afghanistan.

Laporan yang disampaikan Yahoo News, Kamis (18/8/2007), menyebutkan adanya temuan 99 praktik bunuh diri di kalangan tentara dalam masa tugas aktif selama 2006, meningkat dari 88 dari tahun lalu.

"Irak adalah lokasi yang paling banyak terjadi bunuh diri dan percobaannya," demikian dituliskan dalam laporan tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan, dari 99 tindakan bunuh diri, 28 diantaranya adalah tentara yang bertugas untuk 2 perang dan 71 lainnya yang tidak. Sedangkan, bunuh diri pada tentara perempuan 2 kali lebih banyak ketimbang perempuan yang tidak mengikuti perang.

Pejabat setempat menyatakan, angka awal untuk paruh tahun ini mengindikasikan angka bunuh diri (di Amerika Serikat) menurun pada 2007, namun meningkat di kalangan tentara yang berperang.

Sementara itu, menurut laporan tersebut, kegagalan hubungan pribadi, permasalahan hukum dan keuangan serta stres karena pekerjaannya merupakan faktor yang memotivasi tindakan bunuh diri.

"Sebagai tambahan, ada hubungan signifikan antara percobaan bunuh diri dan jumlah waktu masa tugas di Irak, Arghanistan atau negara-negara sekitar di mana tentara terlibat dalam pereng. Pola yang sama terlihat tidak hanya sebata percobaan, namun berhasil membunuh diri mereka," seperti ditulis dalam laporan itu.


Terbesar di Irak & Afghanistan
Angka Bunuh Diri Serdadu AS Tinggi
Hervin Saputra - Okezone

No comments: