Wednesday, May 21, 2008

Warga Uganda Terpaksa Makan Tikus

Warga Uganda Terpaksa Makan Tikus

Kenaikan harga-harga secara global dan banjir tahun lalu telah menyebabkan kekurangan makanan yang parah di timur laut Uganda.

Menurut pernyataan seorang pejabat negara di benua Afrika tersebut, Selasa (20/5), hampir 30 orang sudah meninggal dunia dan ada yang sudah mulai memakan daging tikus.

Kematian terjadi di daerah terpencil Karamoja yang berbatasan dengan Kenya dan Sudan.

"Dari data yang sudah kami kumpulkan, 28 orang sudah meninggal di daerah itu akibat situasi kelaparan yang parah, dan pemerintah kelihatannya tidak banyak tergerak," kata Peter Lakodo, seorang anggota parlemen dari Karamoja.

Dia mengatakan jumlah para korban tersebut adalah perhitungan pada enam pekan terakhir.

Pihak pemerintah mengaku bahwa kelaparan yang terjadi sangat menyedihkan, tetapi mereka tidak memberikan angka. "Ada laporan orang yang menyate tikus. Ini artinya situasi kelaparan bertambah buruk," kata Aston Kajara, menteri yang membawahkan Karamoja.

Menteri Kesiapan Bencana, Musa Ecweru, menyebutkan krisis makanan secara global, digabung dengan dampak banjir tahun lalu, merupakan pukulan parah bagi Karamoja.

Program Makanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan, 700 ribu orang di daerah itu kemungkinan pada bulan-bulan mendatang akan membutuhkan makanan.

No comments: