Wednesday, September 26, 2007

Sheikh Muszaphar Astronot Muslim Yang Berpuasa

Sheikh Muszaphar, Angkasawan Pertama Muslim dan Berpuasa

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kerajaan Malaysia akhirnya memutuskan Dr Sheikh Muszaphar Shukor untuk menjadi awak pesawat angkasa luar Soyuz 15-S, apabila rencana itu telaksana maka ia akan menjadi angkasawan ASEAN pertama dan angkasawan muslim pertama dan angkasawan pertama berpuasa di luar angkasa.

PM Malaysia Abdullah A Badawi, Senin malam, mengumumkan keputusan pemerintah itu di Putrajaya. Dengan demikian, Dr Faiz Khaleed akan menjadi cadangan apabila Sheikh mendapatkan halangan pada saat-saat terakhir.

Ditegaskan oleh Badawi, baik Sheikh Muszaphar dan Faiz Khaleed, dinilai lulus untuk ikut terbang dalam penerbangan Soyuz 15-S yang direncanakan pada 10 Oktober 2007, jam 21.21 waktu Malaysia.

"Malaysia kini sudah punya dua angkasawan yang dinilai lulus dan bisa diterbangkan ke angkasa luar kapan saja," kata Badawi.

Penerbangan Soyuz 15-S memiliki awak pesawat alternatif pertama terdiri atas Yuri Malechenko dari Rusia, Peggy Whitson dari Amerika Serikat, dan Dr Sheikh Muszaphar.

Sedangkan alternatif kedua, Sharizan Sharipov (Rusia), Michael Fincke (AS) dan Dr Faiz Khaleed.

Dr Sheikh Muszaphar, 35 tahun, adalah bekas pegawai RS Universiti Kebangsaan Malaysia sedangkan Dr Faiz, 26 tahun, pernah bekerja sebagai dokter gigi di Angkatan Tentara Malaysia (ATM). Keduanya lolos seleksi dari 11.275 orang yang mengajukan sebagai calon angkasawan pada tahun 2003.

Pengiriman angkawasan Malaysia ini telah mengeluarkan biaya negara sebesar 95 juta ringgit yang merupakan bagian dari pembelian 18 pesawat tempur Sukhoi SU-30 MKM dan pesawat udara multiguna senilai 3,4 miliar ringgit yang ditandatangani di Rusia 5 Agustus 2003.

Angkasawan Malaysia yang muslim itu akan berada di luar angkasa selama 11 hari hingga 21 Oktober 2007. Dengan demikian, Sheikh Muszaphar memiliki kesempatan berpuasa di luar angkasa antara dua hingga tiga hari dan merayakan hari raya Idul Fitri di luar angkasa.

Pengurus agama Islam negara hari Senin juga sudah mengeluarkan tata cara berwudhu dan sholat di dalam pesawat angkasa luar.

Kedua calon angkawasan Asean itu kini terus menjalani latihan terakhir di pusat pelatihan angkasa luar Star City Moskow.(*)

Media Indonesia Dongeng Panggung Kehidupan Jakarta

No comments: